28 Oct 2015

Perusahaan Pers di Malang Raya



Ist


Malang merupakan daerah terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Malang Raya meliputi tiga wilayah administrasi pemerintahan yakni Kota Malang, Kabupaten Malang serta Kota Batu.  Hampir semua media nasional baik cetak dan siber berbasis di Jakarta menempatkan wartawan untuk bertugas melakukan peliputan di Malang.


Tidak sedikit pula media regional Jawa Timur berkantor di Surabaya mempunyai kantor perwakilan di Malang. Sejumlah media nasional dan regional baik itu cetak maupun siber yang memiliki kantor perwakilan di Malang seperti Harian Surya (Kompas Grup), Memorandum, Jawa Pos Grup, Bisnis Indonesia, Kapanlagi.com dan lainnya. Di Malang sendiri terdapat sejumlah perusahaan pers cetak dan siber dengan konten lokal menjadi prioritasnya.

Perusahaan pers yang dimaksud adalah yang berbentuk badan hukum berupa perseroan terbatas (PT). Ketentuan itu tertuang dalam surat edaran (SE) Dewan Pers Nomor 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang pers dan standar perusahaan pers, tertanggal 16 januari 2014. Dalam edaran itu disebutkan setiap perusahaan pers sesuai pasal 9 ayat 2 UU 40/1999 tentang Pers haruslah memiliki badan hukum Indonesia. Badan hukum yang dimaksud adalah berbentuk PT.

Dewan Pers sendiri secara berkala melakukan pendataan ulang terhadap perusahaan pers. Pada tahun 2015 ini, persisnya pada periode 22 Juli – 22 September kembali dilakukan pendataan tersebut. Berdasarkan surat keputusan (SK) Dewan Pers nomor 44f/SK/KPS-SET.DP/07/2015 melakukan pendataan perusahaan pers secara nasional. Untuk melakukan pendataan itu, Dewan Pers bekerjasama dengan sejumlah organisasi profesi salah satunya adalah Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Di Jawa Timur, AJI menjadi mitra Dewan Pers untuk melakukan pendataan itu. Salah satunya adalah di wilayah Malang Raya maka melibatkan AJI Malang. Berdasarkan beberapa pertimbangan bahwa ada perusahaan pers yang masih di bawah manajemen pusat, maka beberapa perusahaan pers di Malang ada yang tak dimasukkan dalam program pendataan tersebut. Pendataan diprioritaskan pada perusahaan pers yang murni berdiri di Malang serta perusahaan pers yang memiliki otonomi mengelola keredaksian dan pengembangan bisnis.
Berikut adalah rangkuman hasil pendataan perusahaan pers yang didapatkan melalui keterangan manajemen perusahaan :
Radar Malang
Radar Malang merupakan anak perusahaan Jawa Pos yang didirikan dengan badan hukum PT Malang Intermedia Ekspres. Radar Malang terbit 12 halaman setiap harinya dan menjadi suplemen tersendiri dari Jawa Pos dengan oplah mencapai 25 ribu eksemplar di Malang. Ada 25 wartawan dengan seorang di antaranya bersertifikat jurnalis madya dan seorang jurnalis muda. Radar Malang mendirikan satu kantor perwakilan di masing – masing wilayah administrasi pemerintahan yakni Radar Kanjuruhan di Kabupaten Malang dan Radar Batu di Kota Batu. Seluruhnya masih satu badan hukum Radar Malang dengan kantor pusat di Jalan Arjuno nomor 23 Kota Malang.

Harian Malang Post
Malang Post (Jawa Pos Grup) berkantor di Pertokoan WOW Cluster Apple 1 – 9 Kota Malang Jawa Timur, diterbitkan oleh PT Malang Pos Cemerlang. Memiliki 25 awak redaksi dengan beberapa wartawan di antaranya memiliki sertifikasi kompetensi terdiri dari dua jurnalis utama, seorang jurnalis madya dan empat jurnalis muda. Harian Malang Post terbit setiap hari dengan oplah mencapai 20 ribu eksemplar setiap hari. Distribusi koran di wilayah Malang Raya dan sekitarnya.

Malang Ekspress
Malang Ekspress (Malang Post Grup) berdiri pada tahun 2014 dengan PT Malang Ekspres Cemerlang. Ada 12 wartawan dan di antaranya seorang bersertifikasi jurnalis utama, tiga jurnalis madya dan dua jurnalis muda. Koran terbit setiap hari dengan oplah mencapai 12 ribu eksemplar per hari dan beredar di wilayah Malang Raya dan sekitarnya seperti di Blitar, Pasuruan dan Probolinggo.

Timesindonesia.co.id (Indonesia Times Network)
Timesindonesia.co.id merupakan portal berita dibawah naungan PT Dawai Citra Semesta. Secara keseluruhan ada 19 awak redaksi yang sebagian besar berada di Malang dengan bendera malangtimes.com. Portal ini juga memiliki seorang wartawan di sejumlah daerah di Jawa Timur. Secara keseluruhan baru ada empat orang wartawan mereka yang berkompetensi jurnalis madya dan empat orang dengan kompetensi jurnalis muda.

Malangvoice.com
Malangvoice.com dikelola oleh PT Malang Voice Sejahtera dengan seorang wartawan berkompetensi jurnalis madya.  Malangvoice.com resmi beroperasi sejak Agustus 2015 lalu. Seluruh awak redaksinya sebelumnya sudah pernah bekerja di sejumlah media. Hanya ada seorang wartawan yang memiliki kompetensi jurnalis madya.

Malangtoday.net
Malangtoday.net didirikan pada Juli 2015 oleh PT Interkoneksi Media Global. Media ini hanya menerjunkan dua wartawan untuk tugas peliputan di lapangan setiap harinya. Sebagian besar konten diisi oleh beberapa copy editor yang bertugas di kantor. Seluruhnya adalah orang yang relatif baru berkecimpung di dunia jurnalistik. Belum ada wartawan di media ini yang memiliki sertifikat kompetensi.

Mediamalang.com
PT Media Malang Nusantara mendirikan portal berita online mediamalang.com pada Maret 2015 lalu. Media ini memiliki empat orang wartawan yang bertugas melakukan peliputan di lapangan. Belum ada wartawan di media ini yang memiliki sertifikat kompetensi.